Kopdit HANURA Borong Berdiri Demi Hati Nurani Rakyat



·         Kopdit HANURA  Borong

Berdiri  Demi Hati Nurani Rakyat











Borong adalah ibukota Kabupaten Manggarai Timur setelah  terjadi pemekaran dari kabupaten induk Manggarai. Kabupaten ini bersebelahan dengan Kabupaten Ngada di sebelah timur dan Kabupaten Manggarai di sebelah barat  Pulau  Flores Nusa Tenggara Timur. Masyarakat Borong terdiri dari  penduduk asli Manggarai  dan pendatang dari Kabupaten Ngada. Di kota inilah para pendatang dari Ngada yang telah puluhan tahun menetap  bahkan  sudah beradaptasi dengan budaya Manggarai  mendirikan  sebuah  koperasi kredit  bernama Kopdit Hati Nurani Rakyat  (Hanura).
Ketua Pengurus Kopdit Hanura Kornelis Penga  menjelaskan, Kopdit Hanura  berawal  dari Kelompok Studi Tabungan (KST) Sinar Harapan  Malapedho, Desa Inerie, Kecamatan Aimere (kini Kecamatan Inerie)  Kabupaten Ngada  yang dimulai pada  Januari  1995  silam. Para inisiator  berdirinya KST Sinar Harapan Malapedho  adalah Herman Ruba Thuru, Kornelis  Penga, Hendrikus Gata, Adrianus Zezo Madha dan Nikolaus Nono. Mereka  berasal dari  Maghilewa, Foa dan Sebowuli  yang menetap di Borong. KST Sinar Harapan  beranggotakan 37 orang.
Namun ternyata  bergabung dengan Kopdit Sinar Harapan Malapedho dipandang  tidak efektif  dari segi pelayanan  kepada anggota secara cepat  dan praktis  mengingat  jarak antara Malapedho dan Borong  cukup  jauh. Karena itu pada  Rapat Anggota Tahunan  1 Juli 1995 para anggota sepakat untuk memisahkan diri dari Kopdit Malapedho  dan berdiri  sendiri dengan nama  Koperasi Kredit Hati Nurani Rakyat.
Dijelaskan Kornelis Penga yang sehari-hari berprofesi sebagai guru ini, Kopdit  Hati Nurani Rakyat Borong saat  didirikan pertama kali  beranggotakan  37 orang terdiri dari perempuan  12 orang dan laki-laki 25 orang  sedangkan  modal atau kekayaan awal adalah  Rp 1.450.675.  Pada periode 1995-1997  kepengurusan dipercayakan kepada  Herman Ruba Thuru  sebagai ketua,Kornelis Penga  sebagai wakil ketua, Hendrikus Gata sebagai sekretaris  dan Nikolaus Nono sebagai bendahara.
Kopdit Hanura  Borong  tidak perlu menunggu waktu lama  untuk mendapatkan kepercayaan dari  pemerintah Kabupaten Manggarai. Sebab pada RAT   tanggal 29 Maret  1998   Kopdit Hanura  menerima badan hukum  bernomor: 59/BH/KWK.24/XI/97  tanggal 20 November 1997  dari Kakandepkop Kabupaten Manggarai. Saat  memperoleh  Badan Hukum  Kopdit Hanura  berhasil menggalang anggota137 orang dengan asset  Rp 26  juta.
Kini, dibawah kepengurusan  Kornelis Penga sebagai Ketua, Blasius  Dasal sebagai Wakil Ketua, Florence M Bere sebagai sekretaris  dan Veronika Iju sebagai bendahara, Kopdit Hanura  terus berkembang  menggapai cita-cita  memenuhi  kebutuhan hati nurani  para anggotanya yang adalah rakyat. Kopdit  Hanura juga  tumbuh secara sehat berkat pengawasan  baik internal maupun eksternal  yang terus dilakukan. Pengawsan internal dilakukan secara rutin oleh Pengawas  yang dipercayakan kepada Herman Ruba Thuru sebagai Ketua,Nikolaus Nono sebagai sekretaris dan  Fany Anu sebagai anggota. Di jajaran manajemen, plh Menejer dipercayakan kepada Petrus Woda, Panitia Kredit  Monika  Milo, kasir Theresia Bupu dan administrasi Elisabeth Meo.Petugas lapangan Fransiskus Jemahat dan Raimundus Matur.
Dalam kurun waktu  1995  sampai  Desember 2014  atau  hampir  20  tahun usianya  Kopdit Hanura  memperlihatkan  jati diri  sebagai salah satu koperasi kredit  di Kabupaten Manggarai Timur  yang dikelola secara professional. Profesionalitas pengelolaan ini ditandai dengan  peningkatan keanggotaan,peningkatan  modal, peningkatan aset atau kekayaan dan peningkatan sisa hasil usaha yang cukup signifikan. Dijelaskan Kornelis Penga, sampai 31 Desember 2014  jumlah anggota tercatat  sebanyak 1.095 orang  dengan aset yang telah mencapai Rp 7.817.201.598. Memang  masih  kecil jika dibandingkan dengan  Kopdit Sinar Harapan Malapedho  yang pernah menjadi induk semangnya  tetapi  untuk Kabupaten Manggarai Timur  Kopdit Hanura  boleh dicatat  sebagai  yang terbaik.
Lebih lanjut Kornelis Penga  menjelaskan, tujuan didirikannya Kopdit Hanura ini  adalah  untuk membeaskan  masyarakat  dari system ijon yang sangat merugikan petani, membantu masyarakat dan anggota khususnya  untuk terbebas dari  cengraman pelepas uang dengan bunga di atas  sukubunga normal serta berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat menuju kesejahteraan sesuai himbauan dan  panggilan pembangunan nasional. “Kehadiran Kopdit Hanura  ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat ekonomi lemah di daerah pedesaan  agar mereka  mampu menolong diri mereka sendiri”, ujar Jornelis Penga kepada Mentik via ponselnya.
Dikatakan  Kornelis Penga, Kopdit  Hanura  kini berkantor di Jalan Nangka  Watuipu  Borong  dan  sudah dikenal oleh masyarakat Borong. Hanya saja, untuk tetap menjaga kualitas  maka rekrutmen  anggota  dilakukan secara selektif. Penga menegaskan, meskipun modal utama koperasi adalah anggota tetapi untuk Kopdit Hanura, hanya merekrut anggota yang benar-benar  berkualitas, jujur dan  beriktikad  baik memanfaatkan koperasi untuk menlng dirinya sendiri.”Kopdit  Hanura  merupakan kebanggaan masyarakat  Watuipu dan  bergerak  untuk menjadi kebanggaan masyarakat Manggarai Timur. Untukdiketahui Kopdit Hanura  adalah  yang pertama kali  memperoleh badan hukum di wilayah Manggarai  yang kini  mekar menjadi tiga kabupaten”, ujarnya.
Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur  pun mengaku  cukup familiar dengan  Kopdit Hanura Borong ini.Wakil Bupati Manggarai Timur  Andreas Agas,SH,MH  yang ditemui Mentik di Denpasar  beberapa waktu lalu  mengaku  bangga dengan  kehadiran Kopdit  Hanura di Borong. Wabup Andreas  mengakui bahwa Kopdit Hanura  hadir untuk mengatasi ketidakberadayaan  sumber daya manusia melalui program pendidikan yang terencana dan teratur serta  sebagai penyelamat situasi rawan pangan dengan persiapan modal simpan pinjam. Ia berharap agar Kopdit Hanura mampu menjaga kepercayaan anggota  maupun pemerintah  serta terus berusaha  mempromosikan diri kepada seluruh masyarakat Manggarai Timur.***k.penga/gus

Komentar

  1. Saya sudah menulis buku Kopdit ini dengan judul: Terus Menggemakan Nurani Memajukan Kesejahteraan (Lembaga Nusa Bunga Mandiri, 2020). Jika ingin mendapatkan buku ini hubungi: 081-238-575-433. Salam Kopdit!

    BalasHapus
  2. Bagaimana dengan saya ....sudah masuk berkas belum ada kbr dari kantor hanura

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KOPDIT SINAR HARAPAN

KSP MULIA SEJAHTERA TABANAN