FX Joniono Raharjo



FX Joniono Raharjo

Antara  Lawyer & Koperasi



Insan Gerakan Koperasi Kredit Indonesia (GKKI)  Bali  pasti mengenal sosok yang satu ini. Pria bernama lengkap Fransiskus Xaverius Joniono Raharjo, SH  ini memang  dikenal aktif  di Gerakan Koperasi Kredit  Indonesia khususnya di Bali. Namun  ia bukan  hanya dikenal di Bali tetapi juga kalangan  gerakan koperasi di Indonesia, khususnya yang  membangun jaringan dengan Induk Koperasi Kredit (Inkopdit).
Di Bali, FX Joniono Raharjo  dikenal  sebagai praktisi hukum. Hal ini  karena memang  latar belakang pendidikannya  adalah hukum. Namun  ilmu hukum yang dikuasainya  tidak hanya dimanfaatkan dalam  dunia kepengacaraan  atau advokat tetapi juga di dunia koperasi. Terbukti, berbagai  masalah hukum dalam koperasi  tak luput  dari sentuhan tangan  pria  yang murah senyum ini. Ia juga sering diundang oleh kalangan Gerakan Koperasi  di Bali, bahkan di luar Bali  untuk  menjadi narasumber  dalam workshop  atau lokakarya  yang materinya sangat berkaitan erat dengan  hukum.
Di Gerakan Koperasi  Indonesia  khususnya di Bali  FX Joniono Raharjo  dikenal  aktif di sejumlah Koperasi Kredit atau Koperasi Simpan Pinjam. Ia bukan hanya aktif sebagai anggota, tetapi juga sebagai  pengurus. Beberapa  koperasi  pernah mempercayainya sebagai pengurus. Namun  ia juga dikenal sebagai  orang yang tepat  bagi para aktivis koperasi  untuk melakukan konsultasi  hukum. Ia aktif memberikan masukan-masukan  bagi Koperasi  agar senantiasa  memperhatikan aspek  hukum dalam pengelolaan simpanan maupun pinjaman termasuk menangani masalah kredit macet.
Terakhir, pada periode 2009-2012  FX Joniono Raharjo  dipercayakan  menduduki posisi sebagai Ketua Pengurus Puskopdit  Bali Artha Guna. Dalam poisisinya sebagai Ketua Pengurus, komunikasi  dengan Inkopdit  dilakukan secara intens, termasuk  membantu Inkopdit dalam sejumlah  hal  yang berkaitan dengan  masalah hukum. 
Dan, pada pemilihan  pengurus Inkopdit Periode 2013-2016  nama FX Joniono Raharjo,SH masuk dalam bursa  calon pengurus. Joniono Raharjo  hadir di Hotel Ibis Trans Studio  Bandung Minggu 19 Mei 2013 lalu. Secara matematis, hanya ada empat suara  yang sudah pasti memilih  Joniono  karena Puskopdit Bali Artha Guna  hanya memiliki hak 4 suara. Tapi secara mengejutkan  Joniono didukung oleh  86  suara. Artinya, Joniono cukup dikenal secara  nasional.
Pemilihan yang berlangsung  akrab, santai, penuh persaudaraan itu  akhirnya menempatkan FX Joniono Raharjo,SH  pada posisi  sebagai Sekretaris Pengurus  Inkopdit Periode 2013-2016. Ini posisi yang oleh sejumlah sumber  di ruang pemilihan mengatakan  sangat tepat. Dengan jabatan ini maka Joniono  akan sering bolak-balik Bali Jakarta  atau ke tempat lainnya  demi tugas sebagai pengurus Inkopdit. Ia tentu saja sudah tahu bagaimana  ia bermain peran, antara Lawyer  dan Koperasi, untuk tetap seimbang. Selamat  bekerja Pak Jon!.*agust g thuru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KOPDIT SINAR HARAPAN

KSP MULIA SEJAHTERA TABANAN