In Memoriam



In Memoriam

Drs. Alex Nyoman Gunarsa Pendiri  Kopdit Tritunggal Tuka




Gerakan Koperasi Kredit Indonesia di Bali  kembali kehilangan  seorang tokoh. Salah satu pendiri  Koperasi Kredit (Kopdit)  Tritunggal Tuka  Drs. Alex  Nyoman Gunarsa pergi untuk selamanya. Kepergian  yang  mendadak  dan mengejutkan banyak pihak, tapi Tuhan punya cara yang  indah untuk memanggil kembali hamba-Nya.
Tanggal 14 Agustus 2012  di Puskesmas Tosari Gunung Bromo Alex Gunarsa menutup mata  untuk selamanya. Jenasahnya  dibawa ke Surabaya selanjutnya melalui Bandara  Juanda  diterbangkan ke Bali. Tiba  di  Bandara Ngurah Rai  dan  akhirnya tiba di rumah duka  Banjar Tuka Dalung  tepat  jam 22.00 tengah malam.
Sosok Alex  Gunarsa  dikenal oleh  berbagai kalangan  baik kalangan Gereja Katolik Keuskupan Denpasar, kalangan Gereja Kristen Bali, kalangan  umat beragama lainnya  dan pemerintah. Pak Alex  selalu tampil dengan prinsip  seratus persen warga negara Indonesia dan seratus persen umat katolik Indonesia. Ia  adalah figur  yang  ada di berbagai organisasi  baik  organisasi  keagamaan, organisasi sosial, organisasi budaya  maupun organisasi politik.
Bagi  gerakan koperasi di  Bali, sosok Alex  Gunarsa  sangat dikenal luas. Selain tercatat  sebagai  anggota  di sejumlah  koperasi di bawah payung Puskopdit  Bali Artha Guna, Alex  adalah salah satu pendiri  Koperasi Kredit Tritunggal Tuka. Menurut  Hendrikus I Nyoman Rikus, Manajer  Kopdit Tritunggal Tuka  Pak Alex  adalah  salah satu motor penggerak  berdirinya Kopdit Tritunggal Tuka.”Dia  sosok yang  kuat, punya kepedulian terhadap ekonomi  umat  sehingga  berinisiatif  mendirikan koperasi kredit Tritunggal”, ujar  Rikus yang juga salah satu perintis berdirinya koperasi itu.
Koperasi Kredit Tritunggal Tuka memang didirikan karena  Alex  dan teman-teman berpendapat, orang tak mungkin bisa berdoa dengan perut yang lapar. Makanya ide untuk membangun  ekonomi umat  terus mendengung di kepalanya  dan pada 11 Juni 1995  bersama  sejumlah rekan dan didukung Pastor Paroki Tuka kala itu P.Robert Rewu,SVD mendirikan Koperasi Kredit  Tritunggal Tuka.
Ide  sederhana untuk membantu kelancaran  keuangan  dan permodalan masyarakat itu kini  tumbuh  menjadi  besar  karena dalam perjalanannya  Kopdit Tritunggal Tuka kini  menjadi  koperasi  besar di  Bali  yang telah mampu mengucurkan  pinjaman kepada anggotanya  hingga puluhan miliar. Pak Alex  beberapa periode pernah  duduk sebagai Ketua Pengurus yang turut menentukan  semakin  berkembangnya  Kopdit  Tritunggal Tuka.
Selain   sebagai salah satu pendiri  Kopdit Tritunggal Tuka, pak Alex  juga  tercatat sebagai salah satu inisiator  berdirinya  Credit Union Simon Bois  pada 30  Mei  2010 lalu. CU ini  dibangun untuk menjadi motor penggerak ekonomi  Paroki Tritunggal Tuka. Di CU ini  Alex  tercatat sebagai salah seorang penasihat yang tak pernah kenal lelah. Dan CU Simon Bois  kini berkembang  pesat.
Pak Alexander I Nyoman Senter Gunarsa lahir di  Tuka  Dalung pada  14 Juli  1947  dan
mengenyam pendidikan di  SD Tuka, SMP Seminari  Roh Kudus Tuka dan SMA Seminari Mertoyudan  Jawa Tengah. Ia melanjutkan pendidikan di STFK Santo Paulus Ledalero  Maumere Flores  sebagai  calon  imam dari Serikat Sabda Allah. Ternyata  ia memilih kembali sebagai awam  dan  dalam  kapasitasnya sebagai  awam itu  Alex  banyak berkarya. Ia menikah dengan Sisilia  Ni Wayan Sukasih  pada 23 April 1976 dan dikaruniai beberapa putra dan putri.
Di kalangan pekerja  industri pariwisata  Pak Alex  dikenal sebagai pemandu  yang ulet. Dengan penguasaan bahasa Perancis  yang fasih  berintonasi Bali, pak Alex  sepanjang karirnya  telah memandu  ratusan  wisawatan mancanegara. Ia  sangat mencintai profesinya  sebagai pemandu wisata. Dan  tentu saja bukan karena kebetulan, jika ia menghembuskan nafas terakhirnya  juga di tengah tugasnya  memandu wisata  dan di daerah wisata bernama Gunung Bromo. Selamat Jalan Pak Alex, terimakasih untuk semua pengabdianmu yang tanpa pamrih.*GUS


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KOPDIT SINAR HARAPAN

KSP MULIA SEJAHTERA TABANAN